HERMES BABY BERSEJARAH


Ketika tas bermerek Hermes belakangan ini melambung namanya, saya baru sadar kalau kami justru sudah tak asing dengan merek tersebut, walau beda wujud. 🤣Ya, benda bersejarah ini, Hermes Baby, adalah mesin tik yang menemani saya di awal 90-an. Mengetik banyak puisi, sedikit cerpen, dan beberapa kisah perjalanan.

Alm. Papa membiarkan saya mencoba belajar mengetik sendiri. Hingga akhirnya saya lebih sering menggunakannya.

Pada masa awal tip-ex belum muncul, saya harus berhati-hati menekan huruf demi huruf agar tidak perlu mengulang ketikan dan menghamburkan kertas. Maka ketika tip-ex cair lalu tip ex kertas muncul, saya merasa sangat terbantu.

Puisi-puisi yang saya ketik di mesin ini, mengantarkan saya pada titik sekarang. Dalam artikel Wikipedia, disebutkan saya aktif sejak tahun 2000. Namun sesungguhnya karya saya sudah dimuat sejak 1992 (kelas 6 SD, tetapi belum cukup produktif untuk “dikenal” nama). Mesin tik ini adalah saksi bisu perjalanan panjang kepenulisan saya.

Saya melompati periode mesin tik elektronik. Keluarga kami ketat pada prinsip berhemat, jadi kami tidak pernah membeli mesin tik elektronik. Ketika beralih kenal komputer, jasa sewa adalah solusi. Termasuk saat mengetik skripsi. Saya baru membeli komputer –PC dan laptop– saat sudah bekerja, memiliki penghasilan sendiri.

Saat ini, pilihan mengetik sudah semakin mudah. Jika malas duduk menghadapi PC, ada laptop dan ponsel yang lebih mudah dibawa ke mana saja, agar tidak lagi beralasan mengerjakan tulisan di rumah. Kini, aplikasi di ponsel sudah semakin canggih, dan kita bisa mengetik kapan saja, di mana saja.

Selayaknya semangat, naik turun sudahlah tentu. Ada masa saya ingin menyerah dan berhenti menjadi penulis atau pengarang. Dan tiap memandang mesin tik ini, saya kembali menggeleng dan berkata pada diri sendiri, “Saya akan terus berkarya!”

Semoga. 😊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s